Menu

Mode Gelap

Uncategorized · 12 Mar 2024 01:26 WITA ·

Keluarga dalam Perspektif Gereja Katolik


Rofinus Nenggor Perbesar

Rofinus Nenggor

Oleh: Rofinus Nenggor
Mahasiswa Semester II STIPAS Ruteng

JURNAL LABUAN BAJO | OPINI – Keluarga adalah lingkungan paling sederhana dalam tatanan kehidupan sosial. Keluarga biasanya terdiri atas dua orang atau lebih, yaitu ayah, ibu dan anak-anak.

Secara umum, keluarga dapat dipahami sebagai sekumpulan orang yang tinggal dalam satu rumah yang masing mempunyai hubungan kekerabatan/hubungan darah karena perkawinan, kelahiran, adopsi dan lain sebagainya, (Amorisa Wiratri, 2018).

Katekismus Gereja Katolik (KGK) secara eksplisit menyebutkan bahwa keluarga Kristen adalah komunitas individu, tanda dan gambaran persatuan Bapa dan Putra dalam Roh Kudus, (Gregorius Daru Wijoyoko, Nicolas Eka Novian Wicaksono Paulina Nirmayazitha Pusparani, 2023).

Sumber utama spiritualitas keluarga Kristiani adalah Keluarga Kudus Nazaret. Karena dalam keluarga kudus Nazaret terwujud sebuah kehidupan yang walaupun terbilang sederhana dan apa adanya, namun keluarga ini menjadi keluarga yang senantiasa diliputi oleh kasih. Pondasi dari sebuah kehidupan keluarga haruslah berlandaskan kasih.

Dengan saling mengasihi satu sama lain, maka kehidupan sebuah keluarga akan menjadi harmonis walaupun dengan kondisi kehidupan yang sederhana. Maka, ketika kita ingin  berbicara tentang kasih dan keadilan dalam keluarga, maka teladan utama dan pertama kita adalah kehidupan Keluarga Kudus Nazaret.

Baca Juga:  Cerpen: Cinta Tilongkabila

Baca Lainnya

DAKSA DISELIMUTI KABUT

19 Maret 2024 - 14:39 WITA

Cinta Kandas Karena Tuli

19 Maret 2024 - 14:35 WITA

Pengaruh Positif Kurikulum Merdeka Terhadap Siswa

19 Maret 2024 - 13:43 WITA

Keringat Mengingat

19 Maret 2024 - 13:34 WITA

Deretan Puisi Terbaik karya Emiliana Yusta Nemung

19 Maret 2024 - 13:17 WITA

Berani Bernarasi: Inspirasi Kesetaraan Gender Bersama Najwa Shibab

19 Maret 2024 - 13:09 WITA

Trending di Uncategorized
error: Content is protected !!